Mencari Bahan Rujukan yang Tepat Ya Di Institutional Repository



Hai mahasiswa, pernah dong disuruh ngerjain makalah.

Saat buat makalah pasti disuruh pakai bahan rujukan atau sumber referensi trus bahan rujukan yang dipakai blog. Setelah dikumpulkan tugasnya, ternyata ditegur sama dosen karena bahan rujukannya tidak tepat. Tidak tepat bisa jadi dikarenakan penulis blog tersebut menulis artikelnya tidak sesuai dengan pendidikannya.

Setelah ditegur, sebagai mahasiswa yang ingin belajar dan mengetahui pepatah “Jangan jatuh di lubang yang sama” maka kalian mulai mencari-cari bahan rujukan ilmiah yang tepat. Trus tidak sengaja ketemu deh dengan artikel ini yang bilang kalau bahan rujukan atau sumber referensi dapat ditemukan di Institusional Repository (IR). 

Tapi masih bingung dengan pernyataan tadi, biar jelas informasinya dapat dibaca di bawah ini.


Apa sih Institutional Repository (IR) itu?

IR adalah sebuah tempat penyimpanan untuk menghimpun karya-karya ilmiah berupa informasi dalam bentuk digital yang dihasilkan oleh civitas akademika. Dengan adanya IR sebuah universitas atau lembaga dapat menjalankan  kegiatan pelestarian karya intelektual dari civitas akademika yang mereka miliki. Karena civitas akademika tidak hanya memberi dan menerima ilmu namun juga menuliskannya menjadi karya ilmiah.

Manfaat IR?

IR dimanfaatkan bagi kalian yang membutuhkan bahan referensi saat mengerjakan tugas atau makalah. Disana kalian akan menemukan berbagai jurnal atau penelitian dari dosen yang sesuai dengan bidang pendidikan yang mereka kuasai dan skripsi mahasiswa.

Jadi kalian bisa mengutip dari sana untuk informasi-informasi yang akurat, namun ada yang kalian harus patuhi sebelum mengutip di IR. Ketika kalian mengutip diharapkan mencantumkan nama penulis yang bersangkutan dan juga tidak mengutip secara keseluruhan / tinggal copy paste.


IR UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ialah suatu perguruan tinggi negeri yang sudah memiliki dan memanfaatkan IR.  IR UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini dikelola oleh perpustakaan UIN Jakarta sejak digunakan tahun 2012.

IR UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyediakan koleksi karya ilmiah akademik seperti artikel, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian dan masih banyak lagi. Karya ilmiah yang dihimpun berasal dari semua fakultas, pascasarjana, perpustakaan utama, pusat teknologi informasi dan pangkalan data (PUSTIPANDA), E-Journal State Islamic University, dan UIN Syahid-ana.


Mengakses IR UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Bagi kalian yang ingin mengakses IR UIN Syarif Hidayatullah Jakarta gampang sekali tinggal Klik Disini kalian juga tidak diperlukan akun untuk login. Karya-karya ilmiah yang tersedia telah menerapkan open accses . 

Oleh karena itu berbagai konten dapat  dibaca secara fulltext dan diunduh secara gratis. Perlu diingat bahwa informasi yang ada di IR harus dapat dimanfaatkan secara maskimal dan penuh tanggung jawab. 

Contoh karya ilmiah yang ada di IR UIN Syarif Hidayatullah

Salah satu contoh karya ilmiah yang ada di IR UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di tulis oleh Ibu Ida Farida selaku dosen di Fakultas Adab dan Humaniora dengan judul “Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak”.

Dijelaskan bahwa membaca merupakan suatu petualangan untuk menemukan berbagai ilmu dan wawasan yang sebelumnya belum diketahui. Menumbuhkan minat anak untuk membaca pada zaman sekarang terbilang sulit melihat sistem pendidikan dan keadaan sosial. Untuk itu diperlukan peran keluarga untuk mengajarkan mencintai membaca sejak sedini mungkin. 

Kegiatan yang dapat dilakukan bersama ialah mendongeng, berkunjung ke toko buku, berkunjung ke perpustakaan, membuat perpustakaan di rumah, dan memberikan hadiah buku.

Bagi anak yang memiliki minat membaca yang rendah dapat menggunakan trik yaitu membolak balikkan buku serta majalah, membaca komik serta koran, memberikan buku serial fiksi, membelikan buku yang disukai, melibatkan anak dalam memilih buku, bacaan yang lebih luas, mencari buku sendiri, dan ketika anak mulai tertarik dengan buku maka ia akan menjadi kutu buku abadi.


Lebih detailnya dapat mengunjungi link di bawah ini

2 komentar:

  1. Bener banget repository emang tempat yang bisa di jadiin bahan rujukan. Mantap dah 👍

    BalasHapus