Teknik Pomodoro untuk Meningkatkan Konsentrasi Ketika Belajar




Zaman sekarang apa sih yang tidak mudah! contohnya sosial media, digunakan setiap saat dalam satu gengaman dan dapat mengakses banyak hal. Bahkan beberapa orang menyebutkan bahwa tanpa sosial media apalah arti hidup terasa hampa.

Kalian pasti tau bahwa sosial media pun dapat memunculkan dampak negatif bagi diri kita. Bagi yang tidak dapat membagi waktu, akibatnya kita bisa melupakan segala hal. Terlupa akan kewajiban kita misalnya kalian pelajar jadi lupa belajar, lupa mengerjakan tugas, atau lupa mandi. Cuman karena sibuk bermain instagram, nonton youtube, main tiktok #wkwk akibatnya nilai bisa jelek.

Mungkin orang tersebut tahu kalau sosial media itu berdampak negatif tetapi tetap melakukannya. Jadi bagaimana dong kalau ingin belajar atau mengerjakan tugas tapi susah buat ninggalin media sosial?

Ada kok teknik jitu mengatasi hal tersebut, namanya..

Teknik Pomodoro

Tenang ada Teknik Pomodoro, teknik ini akan mengajarkan kalian bagaimana melakukan time management yang efektif tanpa membuat kalian bosan karena terus baca buku, masih tetap bisa bersosial media, dan tetap senang.



Penemu Teknik Pomodoro


Tak kenal maka tak sayang, kenalin gambar diatas adalah Mr. Francesco Cirillo penemu Teknik Pomodoro.  Pada saat masih menjadi mahasiswa Mr. Francesco merasa susah untuk fokus belajar sampai akhirnya ia menemukan kitchen timerKitchen timer ini membantu beliau untuk membagi-bagi waktu ketika belajar.

Pada saat itu kitchen time yang Mr. Francesco temukan berbentuk buah tomat, yang mengilhami beliau untuk menamakan Tekniknya Pomodoro. Nama Pomodoro diambil dari bahasa Italia yang berarti buah tomat.



Cara Menerapkan


Pada intinya Teknik Pomodoro membagi waktu kalian kedalam 2 kegiatan. Pertama melakukan kegiatan belajar selama 25 menit dan kedua yaitu kegiatan istirahat selama 5 menit. Dimana pada saat kegiatan belajar hanya boleh fokus membaca atau mengerjakan tugas, barulah saat istirahat kalian akan melakukan kegiatan apapun yang kalian inginkan seperti bermain sosial media, makan, minum, mendengarkan musik, dll. Berikut ini ialah rincian caranya:
  1. Siapkan tugas yang ingin kamu selesaikan atau buku yang kalian ingin baca.
  2. Set timer kamu selama 25 menit disinilah kamu dalam kondisi fokus belajar.
  3. Setelah itu istirahatlah selama 3-5 menit disini kesempatan kamu dapat melakukan berbagai kegiatan.
  4. Lakukan cara diatas secara berulang selama 100 menit  (4*25 menit)  barulah kalian akan mendapat  hadiah istirahat selama 15-20 menit.

Aplikasi


Berikut adalah aplikasi yang bisa anda gunakan di handphone untuk mempermudah menerapkan Teknik Podomoro:

      1. Focus To-Do: Podomoro Timer & Task List Organizer




2. Focus Keeper – Podomoro Timer



3. Brain Focus Productivity Timer

11 komentar: