Penyelenggaraan Orientasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa UIN Jakarta



Kriteria perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat/penggunanya dan dapat memenuhi keinginan untuk mendapatkan informasi yang sebanyak-banyak. 

Tunggu dulu, bagaimana jika perpustakaan tersebut sangat sedikit pengunjungnya tetapi fasilitas, koleksi, dan semua yang diinginkan penggunanya ada di perpustakaan tersebut. Apa yang dapat dilakukan, apakah hanya berdiam dan menunggu pengunjung datang atau bergerak untuk menarik minat pengunjung? Atau apa yang salah?

Bisa jadi perpustakaan tersebut tidak menjelaskan atau tidak memperkenalkan tentang fasilitas serta kelebihan-kelebihan yang dimiliki perpustakaan nya. Tentu kita harus menarik perhatian pengunjung untuk datang ke perpustakaan dengan cara melakukan orientasi perpustakaan.

Dengan melakukan orientasi perpustakaan maka pengunjung akan diajak untuk mengenal lebih dalam mengenai perpustakaan. Dengan cara tersebut akan membangun keingintahuan pengunjung/pemustaka terhadap perpustakaan sehingga mereka akan mencoba nya secara langsung. Bahkan penggunjung/pemustaka tetap pun akan merasa terbantu setelah melakukan orientasi perpustakaan.

Orientasi perpustakaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memperkenalkan perpustakaan tersebut seperti aksesnya, fasilitasnya, dan sebagainya. Terdapat juga pengajaran untuk mencari informasi yang tepat, pemaparan tentang koleksi, dan masih banyak lagi.

Orientasi perpustakaan tidak hanya dilakukan di perpustakaan umum saja tetapi semua perpustakaan semestinya menerapkan orientasi perpustakaan. Mengingat manfaat yang di dapat untuk perpustakaan serta pengunjungnya. Orientasi perpustakaan di universitas tidak hanya diperuntukkan untuk mahasiswa tetapi semua civitas akademika dapat mengikutinya. Salah satu perpustakaan yang mereapkan orientasi perpustakaan adalah UIN Syarif Hidayatullah.

Orientasi Perpustakaan merupakan sebuah program literasi informasi yang di selenggarakan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penyelenggaraan orientasi dilaksanakan setiap tahun ajaran baru dan dihadiri oleh mahasiswa baru (MABA). Tujuan diadakan orientasi perpustakaan guna mengenalkan civitas akademika terhadap segala yang dimiliki perpustakaan.

Acara orientasi perpustakaan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2018 dengan berbagai narasumber yang dihadirkan. Narasumber berasal dari Pusat Perpustakaan UIN Jakarta. Acara dihadiri sekitar 150 mahasiswa dari berbagai program studi yang ada.

Materi yang disampaikan berupa pengenalan fasilitas Pusat Perpustakaan UIN Jakarta, koleksi Pusat Perpustakaan UIN Jakarta, pemaparan tata tertib yang berlaku, dan sesi tanya jawab. Pengenalan tata tertib bertujuan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan aman dalam perpustakaan. 

Adanya orientasi perpustakaan diharapkan dapat memotivasi pengunjung untuk datang ke perpustakaan atau dapat meningkatkan kunjungan. Setelah mengikuti orientasi perpustakaan kalian akan lebih mengenal dan dapat memanfaatkan segala informasi yang dimiliki perpustakaan.



Lebih detailnya dapat mengunjungi link di bawah ini

2 komentar:

  1. Orientasi perpus sangat membantu untuk mahasiswa lebih mengenal perpustakaan

    BalasHapus

  2. La orientación de la biblioteca es muy necesaria.

    BalasHapus