6 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Perpustakaan



Beberapa dari kalian mungkin sering ditanya oleh orang terdekat atau orang lain mengenai jurusan perpustakaan. Salah satu yang ditanya ialah lulusan perpustakaan kerjanya dimana, lulusan ini kerjanya di perpustakaan doang, atau bukanya perpustakaan itu dikit ya. 
Kekhawatiran dengan perkataan tersebut bisa terjadi tetapi kalian jangan berkecil hati, pastikan membaca ini agar kalian bisa menjawabnya dengan bangga.

Dalam segala aktivitas kita selalu berhubungan dengan informasi, informasi ini lah yang akan dikelola sebagai lulusan ilmu perpustakaan. Sebagai sarana penyedia informasi dan pelestarian kebudayaan, perpustakaan mempunyai peran penting untuk pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu. 

Masyarakat modern cenderung menggunakan informasi dengan intensitas penggunaan yang tinggi untuk menunjang berbagai aktivitas keseharian. Peluang seperti ini menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang penting untuk berada di tengah-tengah masyarakat. 

Kebutuhan informasi yang tinggi menjadikan lulusan ilmu perpustakaan sangat dibutuhkan dalam mengelola informasi guna memenuhi kebutuhan penggunanya. Keadaan tersebut menjadi kesempatan besar bagi lulusan ilmu perpustakaan, untuk itu tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa tempat kerja yang dapat dijadikan target kalian setelah lulus:

1. Perpustakaan Instansi Pemerintah

Perpustakaan instansi pemerintah ialah suatu perpustakaan yang didirikan dan dibiayai oleh pemerintah. Jika berkeinginan menjadi pustakawan di instansi pemerintah kalian diharuskan mengikuti tes ujian CPNS. Salah satu contoh perpustakaan instansi pemerintah yang dapat dijadikan daftar lamaran kerja adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dan Perpustakaan Umum.

Tahun 2018 ini PNRI membuka 331 formasi untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan berbagai macam jabatan. Perpustakaan umum juga memiliki banyak jenis seperti perpustakaan umum kota, kabupaten, kecamatan, dan desa yang ada di daerah masing-masing. Jenis yang banyak ini menjadi peluang yang besar bagi kalian untuk menempati posisi pustakawan di berbagai daerah.

2.  Perpustakaan Instansi Swasta

Perpustakaan instansi swasta memiliki koleksi yang terbatas pada subjek khusus dengan memberikan jasa kepada pemakai tertentu. Pustakawan tidak hanya dapat bekerja di instansi pemerintah tetapi juga dapat bekerja di instansi swasta. Pengajuan kerja ke instansi swasta dapat ditujukan untuk perpustakaan di suatu perusahaan, pertelevisian, penerbitan, musik, hukum, dsb.

3.  Lembaga Arsip

Selama perkuliahan tidak hanya diajarkan tentang mata kuliah ilmu perpustakaan saja tetapi banyak kajian ilmu lain yang diajarkan salah satu nya adalah kearsipan. Seseorang ahli dalam mengelola arsip dinamakan arsiparis tentu kalian juga dapat bekerja sebagai arsiparis karena di jurusan ilmu perpustakaan diajarkan mengenai arsip. 

4.   Dosen atau Pengajar

Beberapa orang bisa saja tidak berminat untuk bekerja di perpustakaan suatu instansi. Menjadi pengajar atau dosen adalah salah satu pilihan yang dapat diambil. Kalian dapat mengajukan diri menjadi dosen untuk jurusan ilmu perpustakaan di Universitas Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Padjadjaran, Universitas Yarsi, Universitas Diponegoro, dsb. Tentu universitas yang memiliki jurusan ilmu perpustakaan cukup banyak dan menjadi peluang yang besar.

5. Konsultan Perpustakaan dan Informasi

Konsultan perpustakaan memberikan jasa untuk menata perpustakaan, memberikan edukasi informasi, pelatihan digital, dsb kepada perpustakaan yang membutuhkan.  

6. Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Sekolah

Perguruan tinggi dan sekolah di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Jumlah yang banyak ini dapat dijadikan tujuan bagi mahasiswa yang baru lulus jurusan ilmu perpustakaan. Seorang dosen pernah berkata bahwa setelah selesai kuliah di jurusan ilmu perpustakaan, tidak ada pustakawan yang menganggur. 

Lihatlah sekeliling lingkungan kalian pastinya terdapat perpustakaan sekolah atau taman baca, kalian dapat langsung mengajukan kerja menjadi pustakawan kemungkinan kalian akan diterima akan besar. Jangan dipikirkan dapat tunjangan yang besar kalau kita tidak mau merintis dari yang kecil. Dengan adanya pengalaman kalian dapat bekerja ke instansi yang lebih baik.

Setelah membaca ini kalian tidak perlu khawatir bukan bahwa lulusan ilmu perpustakaan hanya dapat bekerja di instansi perpustakaan saja baik instansi pemerintah, swasta, perguruan tinggi, dan sekolah. Dikarenakan prospek kerja yang cukup luas beberapa lulusan ilmu perpustakaan memilih untuk bekerja sebagai arsiparis, tenaga pengajar, konsultan, dsb. 

18 komentar:

  1. Waah makasih, infonya bermanfaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih juga, senang rasanya bisa berbagi informasi yang bermanfaat buat unknown :))

      Hapus
    2. Kenapa gue jd unknown ya? wkwk - Afraimut

      Hapus
    3. Kenapa gue jd unknown ya? wkwk - Afraimut

      Hapus
    4. Karna lu belum login ke email frah #afrahlumutan wkwkw :D

      Hapus
  2. Informasinya sangat bermanfaat untuk calon maba yg ingin masuk fakultas ilmu perpustakaan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih semoga kakak, adik, atau saudara Fahira bisa jadi maba fakultas ilmu perpustakaan :))

      Hapus
  3. Setuju dengan tulisan ajrina, ilmu perpustakaan bukanlah sesuatu hal yg membosankan. Di dalamnya kita belajar tidak hanya tentang buku saja, teknologi informasi digital maupun elektronik pun dipelajari juga

    BalasHapus
  4. Terimakasih tulisannya bermanfaat karna membantu saya memahami bahwa banyak peluang peluang pekerjaan bagi lulusan ilmu perpustakaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, senang bisa berbagi informasi yang bermanfaat buat Hani :))

      Hapus
  5. luar biasa, saya bangga dengan perpustakaan.

    BalasHapus
  6. Wahh ternyata prospeknya luas yaa..jadi tertarik :))

    BalasHapus
  7. membaca artikel ini, memberikan informasi kepada saya tentang jurusan ilmu perpustakaan.. 👍🏻

    BalasHapus
  8. Wah prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan mantap mantap yaa jrin

    BalasHapus
  9. Thankyouuu, menambah pengetahuan dan memperbaiki miskonsepsi banget nih, keep it up!

    BalasHapus
  10. Wahh ternyata banyak yaa prospek kerjanya. Kirain jagain buku doang 😂 makasih infonya

    BalasHapus
  11. Bagus bangettt artikelnya buat maba maupun bagi orang awam. Dari artikel ini kita jadi tau kalau banyak prospek kerja untuk lulusan ilmu perpustakaan, yang kebanyakan orang2 belum tau tentang itu.
    Niceee 👍

    BalasHapus