PUSTIPANDA UIN Jakarta Meluncurkan Aplikasi AIS Mobile


Bagi mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pasti sudah mengetahui istilah Sistem Informasi Akademik yang sering disebut dengan AIS. Gimana tidak tahu, setiap mendapat nilai pasti diupload di AIS, mengisi KRS di AIS, dan masih banyak lagi.

AIS merupakan sebuah wadah untuk menyimpan beberapa informasi akademik mahasiswa seperti nilai, biodata, beasiswa, dan lain sebagainya. Ibaratnya AIS itu sebagai rapor mahasiswa dari mulai data pribadi pertama jadi mahasiswa sampai nanti jadi sarjana semuanya ada di AIS.

Nah bicara tentang AIS, sekarang AIS sudah ada versi mobile terbarunya. Oleh karena itu aku akan membahas mengenai aplikasi Sistem Informasi Akademik (AIS) versi mobile ini. Aplikasi AIS versi mobile ini baru saja di luncurkan tahun 2018. Aplikasi AIS versi mobile sangat bermanfaat bagi mahasiswa dengan tujuan agar lebih praktis dalam akses serta penggunannya.  

Mendengar adanya peluncuran AIS mobile versi terbaru menjadikan aku penasaran. Sebelumnya aku pernah mendownload versi lama nya namun tidak lama kemudian aku uninstall karena fitur-fitur dan tampilannya kurang menarik.


Peluncuran aplikasi AIS versi mobile

Aplikasi AIS ini pertama kali diluncurkan oleh Pusat Teknologi dan Pangkalan Data (Pustipanda) pada hari Kamis, 15/11/2018, bertempat di UIN Club kampus I UIN Jakarta.  

Hadir dalam acara, Wakil Rektor Akademik UIN Jakarta, Dr Fadhillah Suralag, Kepala Pustipanda Nashrul Hakiem PhD serta beberapa civitas akademika UIN Jakarta. Pembicara dalam acara peluncuran aplikasi AIS versi mobile ini diantaranya Nenny Anngraini MT (Dosen FST), Supardi MKom (Koordinator Pengembangan Pustipanda) dan Rifqy Fajriansyah (Mahasiswa FST UIN Jakarta dan pengembang aplikasi AIS Mobile).


Pembuatan aplikasi AIS versi mobile

Pembuatan AIS dilakukan secara kerjasama antara dosen dan mahasiswa. Proses pembuatan melibatkan dosen dan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Mahasiswa tersebut bertugas untuk mengerjakan proyek akhir.


Menerima masukan mengenai aplikasi AIS versi mobile

Setelah meluncurkan aplikasi, Pusptipanda tidak cepat puas diri dan tetap menerima masukan dari mahasiswa baik berupa penambahan fitur atau yang lainnya. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini civitas akademika UIN Jakarta dapat terbantu dalam mengakses informasi akademik dengan lebih cepat, mudah dan praktis.  


Aplikasi AIS versi mobile Android  

Sebelum adanya AIS versi mobile mahasiswa melihat nilai atau semacamnya melalui website AIS, website AIS klik disini. Kendala yang aku rasakan dahulu saat menggunakan website AIS berupa tidak bisa login. Karena sudah ada AIS versi mobile Jika terjadi kembali kendala pada website AIS suatu hari nanti kalian tidak tinggal mendownload aplikasi AIS versi mobile nya saja. Aplikasi AIS versi mobile hanya dapat di gunakan untuk pengguna versi  android.  

Tampilan aplikasi AIS versi mobile UIN Syarif Hidayatullah Jakarta






Lebih detailnya dapat mengunjungi link di bawah ini

2 komentar: