2 Pelajaran yang Didapat Sebelum Berkunjung Ke Perpustakaan Freedom Institute

Ruang membaca di Perpustakaan Freedom Institute/freedom-institute.org

Setiap kali melakukan perjalanan ke berbagai tempat pastinya memiliki cerita yang berkesan. Cerita yang dapat dijadikan pelajaran untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Termasuk perjalanan saya bersama teman berkunjung ke Perpustakaan Freedom Institute. 

Perpustakaan ini terkenal dengan desain yang bagus dan nyaman ketika melakukan aktifitas membaca. Oleh karena itu, saya sangat tertarik ketika diajak mengunjungi perpustakaan bersama teman saya. Membaca buku dan sekedar foto-foto untuk di bagian ke media sosial merupakan tujuan utama mengunjungi perpustakaan tersebut.

Antusias berkunjung membuat saya mempersiapkan diri dengan mencari informasi sebelum berangkat mulai dari lokasi, cara daftar keanggotaan, sampai kategori buku apa yang banyak di perpustakaan tersebut. Namun, ternyata saya melewatkan beberapa informasi penting.

Informasi apa? Yuk simak dan jangan sampai terlewatkan:

1. Detail Lokasi
Gedung Wisma Bakrie, Perpustakaan Freedom Institue/Rumah.com

Saya bersama teman menggunakan transportasi busway untuk sampai ke Perpustakaan Freedom Institute. Pada awalnya saya mengira Perpustakaan tersebut terletak bersamaan dengan gedung Universitas Bakrie karena lokasinya berada di Wisma Bakrie 1. Oleh karena itu, kami bertemu di Halte Busway Gor Sumantri. 

Saya berangkat dari halte busway Ragunan. Di halte itu saya memastikan kembali dengan bertanya kepada petugas busway dan petugas tersebut menjawab bahwa saya harus turun di Gor Sumantri walaupun dengan jawaban yang terlihat kurang yakin.

Sekitar satu jam perjalanan akhirnya saya sampai di Halte Gor Sumantri dan langsung bertemu dengan teman saya. Keluar dari halte busway kami-pun berjalan menuju gedung Universitas Bakrie. Setengah perjalanan kita lalui, kemudian saya merasa penasaran sehingga mencoba memastikan kembali. 

Berbeda dengan sebelumnya kali ini saya menggunakan Google Maps. Ternyata setelah dilihat, Wisma Bakrie dan Universitas Bakrie berbeda lokasi. Seharusnya kami tidak turun di Halte Busway Gor Sumantri tetapi turun di Halte Busway Kuningan Madya 2. 

Untuk sampai ke Halte Busway Kuningan Madya 2 jaraknya cukup jauh sehingga kami memutuskan untuk menggunakan busway kembali.

Perpustakaan Freedom Institute tepatnya berada di Wisma Bakrie 1, Lantai DasarJalan H. R. Rasuna Said Kavling B-1, Kuningan, Jakarta Selatan. Kamu dapat turun di Halte Busway Kuningan Madya 2.

2. Sabtu dan Minggu Tutup
Buku di Perpustakaan Freedom Institute/freedom-institute.org

Ketika sampai di Perpustakaan Freedom Institute kami sempat kebingungan karena suasana gedung yang sepi dan tidak ada satupun orang yang berlalu lalang.

Kami memberanikan diri untuk masuk dan bertemu dengan satpam yang sedang berada di lobby gedung. Kami memberitahukan ingin mengunjungi perpustakaan dan bapak satpam tersebut menjelaskan bahwa pada hari libur (sabtu dan minggu) seperti sekarang perpustakaan tutup.

Perpustakaan Freedom Institute hanya buka hanya pada hari kerja seperti Senin - Jum'at jam 09.00 WIB sampai 16.30 WIB. Akhirnya kami tidak jadi berkunjung.

Hal yang dapat dijadikan pelajaran jika ingin berkunjung pastikan kalian melihat detail lokasi menggunakan Google Maps untuk lebih akurat dan pastikan mellihat jam layanan dari perpustakaan tersebut. Ketika lupa dengan dua hal tersebut kalian akan terasa membuang-buang waktu dan tenaga.

Semoga di hari berikutnya bisa berkunjung ke Perpustakaan Freedom Institute.

2 komentar:

  1. Memang dua hal itu yang terpenting untuk berkunjung ke suatu tempat..lain kali baca yang teliti ya jrin wkwk..tapi makasihh yaa udah mengingatkan dan berbagi pengalamannya..👍😉

    BalasHapus